Kamis, 29 Desember 2011

3 years In Memoriam: Kakek Ali Maspeke (ayah dari ibu)


3 Tahun Sudah, aku di tinggalkan kakek yg paling aku sayangi di dunia ini...
seorang Kakek yang lucu, yang alim, yang baik, yang kharismatik...
ALI MASPEKE...

dibenakku, abah (panggilan akrab dari cucu2nya) memiliki jiwa yg keras dan displin, terutama masalah agama..
maklum saja, abah dulu termasuk tentara Veteran sewaktu perang PERMESTA di Sulawesi Utara,
namun tak pernah di anggap oleh pemerintah atas hasil jerih payahnya, tersia-sia...
Itulah salah satu alasan sampai skrg kenapa aku membenci pemerintah...

selain itu, abah bagiku kakek yg paling dekat dengan keluargaku, krn ibu adalah anak bungsu kesayangannya..
jadi kami juga termasuk cucu2 kesayangannya...
abah orangnya lucu banget, suka ngelawak, kadang suka ngentutin aku..hehehe
dan hukuman kalo berbuat salah yg paling saya senangi yaitu suka geli2in leherku pake jenggotnya..
atau disuruh nyium bau kakinya..hehehe

abah bukanlah orang yg kaya raya, abah hanyalah petani, tapi selalu ingin ke-5 anaknya hidup berkecukupan..
abah bukan org yg suka ribet, abah orangnya selalu hidup dalam kesederhanaan...

hal yg paling sering buat aku sama abah berantem yaitu ketika aku lagi asyik2 nonton Film kartun,
dan abah pengennya nonton film India, kalo iklan pun gak mau diganti channelnya, soalnya abah paling suka Film India, Bollywood abis,
bahkan gak jarang sering nangis2..hihihihi

Moment yg paling gak terlupakan antara aku dan abah yaitu ketika lahir si adek bungsuku di tahun 2002, Hidayat..
waktu itu abah datang ke kupang hnya utk melihat kelahiran cucu terakhirnya itu...
waktu itu aku sama abah nyuci ari2nya si adek, trus ritual2 gtu dech dari doain si ari2 sampe nguburin ari2 adek tepat d samping rumah...
dan itu terakhir kalinya kakek melihat Kota Kupang..

Setelah pulang ke Manado, beberapa tahun kemudian, kakek terkena stroke dan darah tinggi..
krn kakek merupakan laki2 yg perokok aktif..
dan aku gak punya kesempatan sekali pun melihat kakek
krn sekolahku gak bisa d tinggalkan...

sampai di bulan Mei 2008, setelah selesai UN SMP, ibu nyuruh aku brangkat sendiri ke Manado utk merawat kakek sebulan..
tapi aku gak mau, gak mau repot... sampai ibuku ngomong "jangan nyesal kalo besok2 kamu gak bisa liat kakek lagi"..
dan aku pun sadar, aku berangkat ke Manado dgn ikhlas..

setelah sampai disana, hatiku sedih..
seorang kakekku yg dulu kuat, dan tegap, terbaring lumpuh tak berdaya..
dia udah gak mngenal siapa2 lagi di dekatnya..
ketika aku dekati kakek tanya "siapa ini?" aku menjawab "ini aku Apik (panggilanku)"..
kakek langsung nangis, aku pun nangis sejadinya...

hari hari berlalu di Manado dgn mengurusi kakek, ngurusi kakek makan, minum, buang air, mandiin, bantu kakek bangun, keluar k ruang tamu..
terkadang aku kesal dgn ulah kakek yg dikit2 minta ke ruang tamu, 5 menit lagi minta ke kamar, 5 menit lagi minta ke ruang tamu..
tapi aq tersadar "mgkin ini pelayan terakhirku utk kakek, selama ini kakek yg ngurusi aku yg bandel, skrg gantian, aku harus ikhlas ngurus kakek"..

20 Juni 2008, tiba saatnya aku pulang ke Kupang utk mendengar pengumuman kelulusan SMP dan mngurusi segala administrasi Ijazah...
sewaktu mau pamit,aku mencium kakek, kakek berbisik dgn suara yg tak terlalu jelas
"so mo pulang pik?? jang kase tinggal abak, apik (sudah mau pulang pik?? jgn tinggaln abah, apik)"
tangisku langsung pecah gak karu2an.. aku harus meningglakan kakekku, dan aku gak tau lagi apakah suatu saat masih bisa bertemu?..
ku berusaha mengusap airmataku yg menghalangi pandanganku utk merekam wajah kakek inchi demi inchi utk terkahir kalinya..
kakek hnya menangis krn mgkin kakek udah berfirasat, itu terakhir kalinya kakek melihat cucunya yg paling bandel ini...
aku menciumnya dan memeluknya erat2 sebelum aku pulang.. ketika perjalanan pulang, airmataku gak berhenti karena sedihnya..

Bulan demi blan kesehatan kakek makin parah,
dan 18 Desmber 2008 ketika aku baru beberapa bulan mondok di Pesantren Darul Ulum Jombang,
aku di SMS ayah yg berisi "innalillahi wa inna ilaihi roojiun, telah berpulang ke rahmatullah, kakek Ali MAspeke"
nyawaku serasa ikut menghilang, tak mampu lagi aku mengatur nafas..seakan tak percaya..
tapi inilah takdir Tuhan "yang Bernyawa suatu saat pasti akan di Panggil-Nya"..
aku tak bisa berbuat apa2, hanya menangis dan berdoa siang dan malam utk kakekku..Ali Maspeke..

Selamat Jalan Kakek, 3 Tahun sudah kau bahagia di sana, semoga Amal ibadahmu diterima, dan diampuni segala dosa2mu..
doa kami selalu mengiringi langkahmu bertemu Tuhan.. suatu saat, cepat ato lambat, kami pun akan menyusulmu di Sana..
apa yg selalu kakek ajarkan kapada kami, akan selalu kami amalkan sebagai amal yg akan terus mengalir utk kakek..

I Love U..abah....!!!!!!!




Cidade de Dili, 18 Dezembru 2011..

Safri rauf

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus