Senin, 12 Desember 2011

Inspiratoriz: Kakek H. Mappe (ayah dari ayahku)


12 desember 2011...

siang ini aku di kantor ayah di kota kupang..
berlibur sejenak stelah 2 bln kerja terus di Dili-Timorleste, di tambah juga kemaren saya barusan kehilangan paman terbaik saya...
gak tahu knpa, hati rasa gelisah, belum bertemu dgn kakekQ, ayah dr ayah..
aku sempatkan utk mengunjunginya, yg berada tepat di samping kantor ayah..




terlihat hanyalah seorang kakekQ di dalam kios yg sgt kecil dgn isi dagangan yg seadanya...

cuma pake baju singlet yg udah kebiasaannya di daerah yg panas sperti ini, yg juga kebiasaan ini turun padaku..
hati terasa teriris, sgt sedih.. melihat kakek yg udah tua tapi masih kuat utk hidup sendiri..
gak mau bergantung pada anak2nya, walaupun anak2 sudah sukses semua..
tapi kakek masih ingin berusaha menghidupi kehidupannya sendiri dgn cara berdagang,
salah satu kemampuannya sehingga bisa membesarkan 9anaknya yg sampai sukses..

bukan anak2nya tega membiarkan kakek sperti itu, tapi anak2nya gak bisa berbuat apa2..

itu adalah kemauan kakek sendiri.. yg sudah se-tua ini ttp ingin menghidupi dirinya sendiri..
padahal orangtua seperti beliau, masa2 ini adalah masa utk beristirahat, mnikmati hasil sukses anak2nya..
kakek gak pernah berharap balasan dr anak2nya.. dia ikhlas... walau sesukses apapun anak2nya,
mereka juga tak akan pernah lupa dgn kakek, sebagai anak mereka selalu memberikan perhatian yg lebih utk kakek
..


waktu aku berkunjung dan mencium tangan dan pipi kakek..
dia langsung menangis sedih, krn anak laki2 tertuanya Paman Sulkkin H.Mappe,
kemarin telah meninggalkan kita semua..
dia langsung memeluk saya, dia bilang "kasihan lu pung paman nak, dia su sonde ada lay,
sonde ada beta pung anak itu lay (kasihan pamanmu nak, dia udah gak ada lagi, gak ada anakku yg satu itu)"

berbincang2 sedikit, kakek nanya gmana perkembangan toko di Dili, aku menjawab
"baik2 saja kek", kakek langsung berpesan: "jaga baik2 usaha bapakmu, jgn samppe kalian di bodoh2i orang,'
saya susah payah membesarkan bapakmu, saya tak mau dia dibodohi orang (smbil nangis)"..

saya pun menangis, betapa saya mempunyai sosok kakek yg hebat, sosok orangtua sejati yg tak pernah mau
melihat anaknya terluka sedikitpun walau anaknya sudah dewasa...

banyak yg aku pelajari dr kakek, terutama adalah KESEDERHANAAN hidupnya yg memilih biasa2 saja meskipun banyak anak2nya
yg udah sukses mengajaknya tinggal bersama, KEMANDIRIAN untuk hidup dgn berusaha sendiri
tanpa mau menyusahkan orang lain dan
 SEMANGAT BERDAGANG yg TINGGI... aku bersyukur mewarisi darah pedagang ulet seperti kakek..
hanya kakek (H.Mappe), satu2nya kakek kandung yg aku miliki saat ini..
 karena kakek dr ibuku, dan nenek2 ku semua sudah mendahului kami..

aku ingin membahagiakan kakek, memperhatikannya,dan mengambil banyak pelajaran hidup darinya..
karena aku gak mau kehilangan sosok kakekku ini, kakek yg banyak menginspirasi hidupku...
love you, grandpa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar